Tutorial membuat Efek Tulisan di Pasir Pantai

Tutorial kali ini terinspirasi saat liburan kepantai, saat lagi duduk diatas pasir dibibir pantai, tanpa sengaja tangan membuat tulisan dipasir. Lama kulihat dan kuperhatikan tulisan2 yang kubuat dengan goresan jari telunjuk kemudian kepikiran bagaimana yah kalo efek tulisan dipasir ini dibuat di photoshop?

Setelah lama mempelajari akhirnya saya berhasil juga membuatnya pada Photoshop, dan cukup menggunakan tool standar Photoshop, meski hasilnya tidak sebaik para professional dibidang ini.

Nah… untuk itu mungkin karena saking senangnya, atau mungkin karena lagi baik hati maka saya bagi kepda teman2. Langsung saja tahap-tahapnya:

Tahap 1
Buka Apps photoshop tentunya, Buatlah Kanvas baru sesuai ukuran yang diinginkan dan beri background warna hitam.
Disini kita akan membuat sendiri objek pasir yang akan menjadi tempat berkreasi nantinya, (bukan dari gambar jadi yang tinggal ditempelkan).
Buatlah  Layer baru, beri warna hitam menngunakan Paint Bucket Tool. Selanjutnya pilih menu Layer-Layer Style-Blending Option, maka akan muncul PopUp Layer Style dan atur seperti gambar dibawah.

Tahap 2
Buatlah lagi layer baru diatasnya, beri juga warna abu-abu (warna pasir) seperti cara tahap 1. Pilih menu Filter-Texture-Grain… maka akan muncul PopUp Grain. Aturlah seperti gambar dibawah trus OK. Kemudian beri efek desarture (Ctrl+Shift+U). lalu ubah layer mode dari Normal ke Diffrence.


Tahap 3
Nah….sekarang kita sudah punya objek pasir, Berikutnya adalah bagaimana kita akan menggoreskan telunjuk kita disitu? Caranya: Buat lagi Layer baru dan pilih menu Layer-Layer Style-Blending Option, maka akan muncul PopUp Layer Style dan atur seperti gambar dibawah.

Blending Options:Custom

Drop Shadow


Inner Shadow

Inner Glow


Setelah semua settingan diatur jangan lupa di OK.

Tahap 4
Pilih Brush Tool ukuran sesuaikan sendiri (anggap saja brush tool ini adalah jari telunjuk anda) dan set foreground warna hitam, selanjutnya terserah anda ingin menuliskan atau menggambar apa di pasir digital anda sekarang.


Selamat mencoba, semoga berhasil.

Semoga tutorial sederhana ini ada manfaatnya.


Bijak jika berbagi.


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi Seni Desain

Artikel Tutorial membuat Efek Tulisan di Pasir Pantai ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 29 Desember 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Tutorial membuat Efek Tulisan di Pasir Pantai
 

1 komentar:

  1. waaaaw... keren gan... bener bener kayak aslinya yaa, kereeen gan :D

    BalasHapus