Belajar Ganti Background Foto di Photoshop

Kali saya sharing cara ganti background foto di photoshop tentunya hanya bermanfaat buat pemula (sepertiku), karena buat para professional mungkin cara ini dah basi alias standar buangeeet.

Tapi sesuai tujuannya adalah belajar buat pemula jadi saya sharing yang dasar juga alias yang standar agar mudah di mengerti.

Berikut langkah-langkahnya disertai contoh gambar agar bisa langsung dipraktekkan buat pemula yang tidak suka dengan teori



Langsung ke TKP……!

1.       Buka dulu SoftwarePhotoshop, kemudian buka foto yang akan di edit ( ganti background ).
2.       Buat seleksi objek yang akan disimpan dengan menggunakan Pen tool sampai kedua ujungnya bertemu,sebenarnya ada banyak cara untuk seleksi objek tapi disini saya menggunakan pen tool karena hasil seleksi yang dihasilkan lebih akurat dan tentunya hasilnya juga akan baik. (lihat kedua Gambar dibawah).


3.       Setelah objek terseleksi klik kanan pada objek dan pilih Make Selection.. maka akan muncul pop up dan isikan pada Feather Radius 1 pixel trus OK.
 


4.       Setelah ada hasil seleksi klik Rectangular marquee tool ( lingkar merah pada gambar dibawah), kemudian klik kanan lagi pada hasil seleksi dan pilih Layer via Cut…( elips merah pada gambar dibawah) maka akan mucul layer baru sehingga ada 2 layer yaitu : Layer 1 diatas dan Background dibawah ( perhatikan gambar dibawah).
 
 
5.       Berikut sedikit lagi, Sorot atw pilh layer Background kemudian Tekan Ctrl + Backspace tentunya pada keyboard, sehingga Layer Background tampak berwarna polos. (perhatikan gambar dibawah).

6.       Terakhir Ganti warna Layer Background sesuai keinginan, disini saya menggunakan warna biru, silahkan tambahkan efek lain sesuai keinginan, mungkin dengan menambahkan tulisan mis: nama, lokasi, tanggal atw yg lainnya sebaiknya dibuat pada layer baru lagi agar mudah merubah posisinya bentuknya dll, tanpa merubah layer sebelumya. Pada backround dibawah saya tambahkan efek Cloud => Color Dodge dan variasi nama dengan Font yang juga diberi efek styles wind, sehingga hasilnya seperti pada gambar dibawah.

Selamat mencoba, sebaiknya ulangi berulang-ulang dan dengan objek yang berbeda serta tingkat kesulitan yg berbeda pula agar semakin mahir.
Postigan ini tidak bermaksud menggurui tapi tiada lain untuk berbagi ilmu kepada siapa saja

Postingan Terkait:

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi Seni Desain

Artikel Belajar Ganti Background Foto di Photoshop ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 28 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Belajar Ganti Background Foto di Photoshop
 

0 komentar:

Posting Komentar