Software Desain Grafis atau Komunikasi Visual

Download software yang digunakan dalam desain grafis dengan 4 kategori:
1. Desktop Publishing

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto. Photoshop compatible untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS, Linux.





Berbeda dengan Adobe Photoshop, Illustrator lebih menekankan pada pengolahan image berbentuk Vektor. Image Vektor merupakan image yang apabila penggunaan pada skala berapapun tidak mengurangi kualitas Image tersebut hal ini kebalikan dari Image Bitmap yang biasanya dihasikan oleh Photoshop.Illustrator biasanya digunakan untuk mendesain logo, menggambar kartun, mendesain flayer atau brosur yang tidak membutuhkan banyak halaman. Jika anda mempunyai hobby suka membuat coretan atau gambar software ini cocok untuk anda



Indesign lebih banyak digunakan untuk melayout/ membuat majalah, koran, Newsletter atau desain yang memerlukan halaman banyak seperti buku. pada Indesign terdapat fitur yang tidak terdapat pada Photoshop dan Illustrator seperti membuat Nomor halaman otomatis serta facing Page. walaupun pada satu dokumen Indesign terdapat banyak halaman file tidak akan membengkak yang bisa dialami pada Illustrator. jika anda familiar dengan Pagemaker maka dengan Indesign akan lebih leluasa. Ekstensi file indesign biasanya .idd, misalkan “data.idd”.





Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah





Gimp adalah alat / program pengolah foto multiplatform. GIMP kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP dapat digunakan untuk mengerjakan tugas berbagai macam manipulasi gambar. Termasuk jika kita ingin sedikit merubah foto, merubah komposisi gambar dan menyusun gambar.GIMP memiliki banyak kemampuan. Program ini dapat digunakan seperti program paint pada Microsoft Windows, merubah foto dengan kualitas tinggi, untuk memproduksi gambar secara masal, dan mengkonversi format gambar. Fasilitas dan kemampuan GIMP dapat ditambah dan ditingkatkan. Program ini didesain untuk bisa ditambahkan plug-in.Sampai saat ini GIMP adalah software manipulasi gambar yang banyak digunakan oleh para desainer. Beberapa sistem operasi yang mendukung GIMP antara lain : GNU/Linux™, Apple Mac OS X (Darwin)™, Microsoft Windows 95, 98, Me, XP, NT4, and 2000™, OpenBSD™, NetBSD™, FreeBSD™, Solaris™, SunOS™, AIX™, HP-UX™, Tru64™, Digital UNIX™, OSF/1™, IRIX™, OS/2™, dan BeOS™.GIMP juga mudah digunakan pada operating sistem yang lain, karena source code –nya selalu tersedia.

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vector yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz, sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

2. Webdesign

Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.

Microsoft FrontPage (atau Microsoft Office FrontPage) merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office dari tahun 1997 hingga 2003. Versi Macintosh-nya pun pernah dimunculkan pada tahun 1998, tapi tidak dikembangkan lagi. FrontPage sekarang telah usang, dan digantikan oleh Microsoft Expression Web dan Microsoft SharePoint Designer, yang dirilis pada bulan Desember 2006.Salah satu fitur yang terkenal dari FrontPage adalah dukungannya terhadap template Web yang otomatis yang terintegrasi. Perbedaan utama antara template Web dengan template HTML yang dibuat oleh produk lainnya adalah bahwa template yang dibuat oleh FrontPage mencakup sistem navigasi otomatis yang mampu menciptakan tombol-tombol yang dianimasikan untuk beberapa halaman yang telah ditambahkan oleh pengguna. FrontPage juga dapat membuat navigasi multi-level secara langsung dengan menggunakan tombol dan juga struktur situs Web yang sedang disunting.

Notepad++ adalah software Source Editor dengan penyorotan sintaks, bahasa yang didukung untuk saat ini antara lain c,c++,Java,html,xml,PHP,asp,vb,vbs,SQL,Objective-C,JavaScript,ini,makefile,MSDOS Display. nIni juga memberikan fungsi tambahan untuk pengguna umum misalnya mewarnai kata-kata yang ditetapkan pengguna. Dapat mencetak kode sumber anda dalam pewarnaan jika menggunakan printer berwarna(WYSIWYG). Lebih jauh lagi Notepad++ mencakup fitur multi-view, yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen yang berbeda pada saat yang sama,dan bahkan dalam 2 pandangan yang berbeda sekalipun.



3. Audiovisual

Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan bom, dan efek khusus lainnya. After Effects telah membantu para praktisi perfilman Hollywood dalam menghasilkan film-film dengan efek khusus yang spektakuler. Spawn, Titanic, Deep Rising, The Jackal adalah beberapa judul film yang telah memanfaatkan potensi After Effects.




Dengan Adobe Premiere kita dapat mengedit, memanipulasi, memebrikan efek tertentu kepada gambar atau video, memberikan transisi pada video klip dan masih banyak lagi.Hasil dari memanipulasi dan mengedit video bisa di simpan dalam bentuk format yang berbeda untuk dapat di mainkan di berbagai video player atau audio player.




Software Final Cut didirikan oleh Macromedia dan Apple, tujuannya untuk melawan dominasi Avid Video yang merajai dunia post editing di tahun 1990an. Final Cut saat ini sudah menjadi software editing yang dipakai dikampus2x film dan broadcast seluruh Amerika. Bahkan Final Cut Express, dibuat khusus untuk publik dengan harga dibawah $300, sementara Final Cut Pro 7 terus diupgrade setiap setahun sekali. Dan bila tidak meng-upgrade maka tidak compatible dengan produk2x baru Mac.



Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.





4. Rendering 3 Dimensi

3D Studio Max atau yang lebih familiar dengan nama 3ds Max meru¬pakan sebuah perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi dan ani¬masi. Aplikasi yang sampai saat ini sudah mencapai versi 2012 ini dilengkapi dengan fitur serta tool untuk menciptakan animasi serta modeling profesional. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa menjadi salah satu alasan pengguna lebih memilih untuk menggunakan software ini dibandingkan dengan software sejenis.



Maya adalah sebuah software animasi 3D yang di kembangkan oleh Alias Wavwfront. Software ini dapat memproduksi gambar dan animasi dengan efek pada tampilan ruang kerja 3 dimensi secara virtual pada layar komputer .Penggunaanya begitu luas,baik untuk film, iklan,desain produk, siaran televisi, game, dan juga presentasi.





Autocad adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing. Integrasi itu dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang kita buat secara realistik. Selain itu model mempunyai properti seperti massa, volume, pusat gravitasi , luas permukaan dll.

Diolah dari berbagai sumber

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi Seni Desain

Artikel Software Desain Grafis atau Komunikasi Visual ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 26 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 4 komentar: di postingan Software Desain Grafis atau Komunikasi Visual
 

4 komentar: